Image generated by TextSpace.net, hosted on ImageShack.us

Kamis, 05 November 2009

Generasi Anti-Bully

Kalau dulu dibilang hanya cowok yang mampu mem-bully, tapi belakangan justru ketahuan kalau kita, cewek, adalah korban sekaligus pelaku yang nggak kalah ?sadis? dibanding cowok.
Mungkin secara nggak sadar, kita sudah terlibat dalam aktivitas ini. Baik sebagai korban maupun pelaku. Perlakuan tidak menyenangkan yang kita terima itu, ujung-ujungnyanya bikin kita sakit hati, merasa direndahkan, atau malah harus masuk rumah sakit karena kita dianiaya secara fisik. Dan selanjutnya, saat kita punya kekuasaan yang lebih besar, akhirnya kita lah yang melakukan aksi bully itu buat orang lain. Lingkaran yang nggak pernah berhenti?.

Bullying itu?
» Perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seorang/sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan, terhadap siswa/siswi lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut (definisi school bullying dalam POPsy! -jurnal psikologi popular)

» Perilaku yang disengaja ditujukan untuk menyakiti orang lain, melalui pelecehan secara verbal, serangan secara fisik, atau tindakan kekerasan atau paksaan lain seperti manipulasi. Bullying biasanya dilakukan untuk memaksa orang lain dengan menaku-nakuti atau mengancam (Wikipedia)

» Diartikan sebagai penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau kelompok sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar