Senin, 12 Mei 2008

KELEBIHAN dan KEKURANGAN

Sulung

Kelebihan:

Anda terlahir sebagai pemimpin dan sukses karena bekerja keras. Mayoritas politikus dan direktur pelaksana adalah anak sulung. Sulung sering tampil dalam dua versi: pengasuh yang tunduk atau penggerak yang agresif. Kedua versi ini sama-sama kuat dan berpengaruh. Anda senang menjadi orang yang mengendalikan situasi dan organisasi. Anda memperhatikan detail dan cenderung tertib dan teratur, tepat waktu, kompeten dan tekun.

Kekurangan

Anda cenderung buruk dalam mendelegasikan karena anda kurang percaya pada orang lain dibanding pada diri sendiri. Anda bisa bossy dan kurang sensitif, dan cenderung perfeksionis. Anda sering moody. Kadang anda juga menakutkan dengan mendorong orang bekerja terlalu keras atau menolak menerima jawaban tidak. Kadang, anda juga bisa merasa tahu semuanya

Karier ideal:

Pembicara, bisnis, riset dan konseling. Lebih dari separuh presiden Amerika adalah anak sulung. Begitu juga pemenang hadiah Nobel dan antariksawa Amerika. Orang terkenal yang anak sulung antara lain: Bill Clinton, Winston Churchill, Bill Cosby, Oprah Winfrey, Jackie Onassis.

Pasangan serasi:

Anak bungsu

Kiat sukses

• Salah satu ciri khas anak sulung adalah terlibat dalam terlalu banyak hal. Usahakan untuk menyediakan waktu untuk diri sendiri.

• Belajar berkata tidak. Kebanyakan anak sulung ingin menyenangkan orang lain. Mereka senang jika disukai orang dan hampir selalu menerima undangan. Salah satu cara terbaik untuk berkata tidak adalah kenali keterbatasan-keterbatasan anda.

• Nikmati sifat ingin tahu anda.

Anak sulung terkenal banyak bertanya dan menginginkan jawaban yang detail, yang merupakan ciri pemimpin.

• Tak perlu minta maaf untuk kecermatan dan kesungguhan anda dalam bekerja. Anda cenderung menyukai keteraturan dan senang dengan daftar to do anda. Usahakan jangan sampai ekstrim keras dalam meraih apa yang anda inginkan.

Fakta seputar anak sulung

• 52% presiden Amerika adalah anak sulung dalam keluarga. Antara lain Truman, Johnson, Carter, George W. Bush

• 21 dari 23 astronot yang dikirim ke antariksa adalah anak sulung, 2 astronot anak tunggal • 2/3 dari entrepreneurs adalah anak sulung

• 2/3 dari orang dalam buku Who's Who adalah anak sulung

Tengah

Kelebihan:

Anda adalah penengah, juru damai diplomatis yang tidak suka konfrontasi. Anda biasanya tenang, praktis dan terus terang dan pendengar yang baik. Anda ahli dalam menjadi mediator dan negosiator. Motto anda mungkin 'damai senantiasa. Anda pandai melihat kedua sisi dari sebuah masalah dan berhasrat membuat semua orang bahagia.

Kekurangan:

Anda cenderung kurang bersemangat dibanding anak sulung tapi lebih senang disukai orang lain. Anda sulit menetapkan batasan- batasan dan menyalahkan diri sendiri jika orang lain gaga!. Anda cenderung tak bisa membuat keputusan yang kemungkinan tidak disukai orang.

Karier ideal:

Akunting, seni, terampil dalam mengerjakan pekerjaan tukang kayu, dekorasi, mengajar, dan menulis novel.

Pasangan ideal:

Anak bungsu.

Kiat sukses:

• Kembangkan keterampilan berhubungan dengan orang. Anak tengah cenderung pandai berhubungan dengan orang karena sepanjang masa pertumbuhan mereka harus menjadi mediator. Manfaatkan ini sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari.

• Ungkapkan diri Anda. Di masa pertumbuhan, Anda mungkin merasa keluarga Anda tak pernah mendengarkan Anda. Jangan minta maaf untuk pendapat Anda dan jangan tidak mengemukakannya sama sekali. Share ide-ide Anda dengan orang lain. Katakan pada diri Anda, Anda adalah Anda dengan kekuatan-kekuatan Anda sendiri.

• Pertimbangkan untuk jadi pemimpin. Orang yang bisa tampil memimpin bukan hanya anak sulung saja. Anak tengah sering bisa menjadi manager yang baik karena tahu cara berkompromi.

Bungsu

Kelebihan:

Anak bungsu adalah cheerleader dunia. Anda pandai berhubungan dengan orang lain dan mudah berteman. Anda ekstrovert, menjadi bersemangat karena orang lain, dan tidak takut bertualang. Kemungkinan anda juga tidak takut ambil resiko.

Kekurangan:

Anda bisa lemah lembut di satu saat dan pada saat lainnya sulit diajak kerja sama karena anda suka dengan cara anda sendiri. Anda berkemungkinan mempunyai rentang perhatian pendek, dan anda senang menantang orang yang mempunyai kekuasaan.

Pekerjaan ideal:

Guru sekolah dasar, komedi, dokter gigi, sales, dan seni.

Pasangan ideal:

Anak sulung, anak tengah, atau anak tunggal.

Kiat sukses:

• Kembangkan sifat anda yang penuh perhatian. Kendati pun anak bungsu biasanya pandai bergaul, ironisnya mereka sering egois. Tawarkan untuk membantu orang lain dan sebagai imbalannya anda akan bisa meningkatkan self-esteem anda.

• Bagi applause anda. Jika anda senang jadi sorotan, ingat, orang lain juga memerlukannya sedikit. Dengan duduk di belakang, Anda akan bisa melepaskan tekanan untuk selalu menjadi pusat perhatian.

• Gunakan bakat-bakat anda untuk ambil resiko. Bayangkan hal-hal yang selalu anda impikan untuk dilakukan dan lakukan hari ini juga.

• Fokus pada segala sesuatu satu persatu. Anak bungsu cenderung mudah bosan. Kali berikut jika anda menemukan diri anda beralih dari satu hal ke hal lain, ambil langkah mundur dan tetapkan tujuan untuk dicapai.

TUNGGAL

Kelebihan

Anak tunggal sering menjadi orang yang berpengaruh dan kuat. Karena berorientasi pada tugas, Anda cenderung tertib, hati-hati dan dapat diandalkan. Anda tertarik pada fakta, ide-ide dan detail dan senang dengan tanggungjawab. Kekurangan:

TUNGGAL

Kelebihan

Anak tunggal sering menjadi orang yang berpengaruh dan kuat. Karena berorientasi pada tugas, Anda cenderung tertib, hati-hati dan dapat diandalkan. Anda tertarik pada fakta, ide-ide dan detail dan senang dengan tanggungjawab. Kekurangan:


Tunggal

Kelebihan

Anak tunggal sering menjadi orang yang berpengaruh dan kuat. Karena berorientasi pada tugas, Anda cenderung tertib, hati-hati dan dapat diandalkan. Anda tertarik pada fakta, ide-ide dan detail dan senang dengan tanggungjawab.

Kekurangan:

Anda bisa sulit ditangani, tak mau memaafkan dan penuntut. Anda benci mengaku anda salah dan biasanya tak bisa menerima kritikan dengan baik.

Karier Ideal:

Keuangan, mengajar, dan management.

Pasangan ideal:

Anak bungsu.

Kiat sukses:

• Luangkan waktu untuk diri sendiri. Kebanyakan anak tunggal perlu secara teratur meluangkan waktu untuk diri sendiri karena mereka terbiasa dengan hal ini di masa pertumbuhan.

• Hati-hati dengan sensitivitas anda. Perasaan atau hati Anda mudah terluka. Jangan masukkan ke dalam hati apa yang dikatakan orang lain dan ingatkan diri Anda tentang kelebihan-kelebihan Anda.

• Anda sulit menerima kesalahan-kesalahan. Izinkan diri anda untuk menjadi tidak sempurna. Cara ini bisa menghilangkan sebagian beban yang anda berikan pada diri sendiri.

Bersenang- senang. Anak tunggal bisa menjadi agak serius. Coba tambahkan sedikit spontanitas ke dalam hidup

anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar