Image generated by TextSpace.net, hosted on ImageShack.us

Senin, 12 Mei 2008

Menjadi Orang yang Disukai

Rasanya semua orang ingin menjadi orang yang disukai. Sayangnya, keinginan ini sering tidak tercapai karena kita tak tahu langkah-langkah yang harus dilakukan. Padahal sebenarnya langkah-langkah itu tidak sulit. Terdiri dari:

» Hargai semua orang. Ucapkan terimakasih kepada siapa saja yang melakukan sesuatu untuk kita. Termasuk para pelayan restoran, kondektur bis, supir bis, seseorang yang membukakan atau menahan pintu untuk kita.

» Selalu ingat. semua orang yang berinteraksi dengan kita adalah manusia. Hanya karena kita membayar seseorang untuk menunggu di meja kita tidak berarti kita berhak untuk kasar. Perlakukan mereka seperti kita ingin diperlakukan jika berada di posisi itu.

» Lakukan sesuatu untuk orang lain. Kendati pun kita tidak mengenalnya. Tahan pintu ketika memasuki gedung, pungut sesuatu yang jatuh dari orang yang lewat di dekat kita, tawarkan membantu memotret jika seseorang tampak mencari orang lain untuk memotretkannya.

» Selalu jujur. Jangan membohongi orang lain hanya untuk menyenangkannya. Mereka biasanya tahu. Jika seseorang bertanya, 'Apakah saya tampak gemuk?', katakan ya, jika benar, tapi berikan sedikit saran. Jika kita punya pengetahuan tentang mode, jelaskan mengapa dia harus pilih mode tertentu. Mereka pasti akan percaya pada kita karena tahu kita jujur dan akan menghargai kita karena telah membantu mereka.

» Tepati janji. Pastikan kita bisa menepati semua kewajiban kita. Jangan katakan ‘saya tak bisa mengerjakannya pada menit terakhir’. Pastikan semua orang yang terlibat tahu jika kita akan terlambat dan mempengaruhi rencana-rencana mereka.
• Coba pikirkan apa yang bisa membuat kita disukai? Bakat-bakat atau sifat-sifat yang membuat kita dikagumi teman-teman. Kenali hal-hal ini dan manfaatkan. Sebagai contoh, jika kita pandai mengatur keuangan, coba bantu orang-orang berpenghasilan rendah untuk mengatur keuangan mereka. Jika kita pandai menyanyi, ikut dalam malam karaoke untuk menghibur teman-teman kita.

» Kenali dan gunakan nama semua orang. Ungkapan yang mengatakan ‘saya tak pandai mengingat nama’ tak akan jalan. Mengingat nama adalah keterampilan yang harus dipelajari.

» Bersikap terbuka. Jika kita tampak marah atau sedih, orang-orang akan merasakannya sampai kadar tertentu dan tak ingin bicara dengan kita. Kendati pun kita sedang sedih atau marah, pikirkan hal-hal yang bisa membuat kita bahagia.

• Orang yang disukai adalah orang yang menyukai orang lain. Orang bisa merasakan, apakah kita suka atau tidak kepada mereka. Jika kita ingin seseorang menyukai kita, fokus pada sesuatu yang kita sukai dari mereka. Jika kita benar-benar tidak menyukai mereka, tidak penting lagi apakah mereka menyukai kita atau tidak.

» Tips yang sangat mudah untuk membuat orang tertentu menyukai kita adalah minta mereka tolong mengerjakan sesuatu. Ajukan permintaan yang sesuai dengan keterampilan atau minat mereka. Hal ini bukan hanya menunjukkan kita memperhatikan mereka, tapi kita menghargai otoritas mereka pada subyek yang mereka sukai.

• Jangan pura-pura. Orang bisa menangkapnya dan tahu, kita sedang akting. kita harus percaya dengan apa yang kita lakukan. Kalau tidak, efeknya akan buruk untuk kita.

• Jangan berusaha keras membuat orang lain menyukai kita. Menyebutkan kebaikan-kebaikan kita hanya akan membuat kita

terkesan sombong. Biarkan orang lain melihat sendiri kebaikan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar